Pages Navigation Menu

Kumpulan Tips dan Saran untuk Anda

Cara Membuat Kartu Kuning

Kartu Kuning memiliki sebutan resmi sebagai AK-1 atau Kartu Tanda Pencari Kerja. Kartu ini berfungsi sebagai bukti diri seseorang untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan nasional maupun instansi pemerintahan. Namun tak banyak perusahaan nasional yang mempersyaratkan penyertaan kartu kuni dalam lamaran pekerjaan, Kartu Kuning ini lebih sering digunakan ketika melamar kerja sebagai CPNS.

29kuning2

Cara membuat Kartu Kuning:
1. Siapkan foto berwarna 3×4, 3 lembar
2. Foto kopi KTP
3. Foto kopi Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai
4. Foto kopi surat keterangan pengalaman kerja (jika ada)
5. Foto kopi sertifikat keterampilan (jika ada). Semua berkas di atas dijadikan satu dan dimasukkan dalam stopmap.
6. Datangi Dinas Tenaga Kerja setempat dan mengisi form identitas pencari kerja (disediakan oleh Disnaker) dan menyerahkan berkas dalam stopmap tadi.
7. Jika Kartu Kuning sudah jadi, segera foto kopi di tempat terdekat sebanyak 5 lembar untuk dilegalisir.

Catatan:
1. Pakailah sepatu ketika ke kantor Disnaker
2. Tidak dipungut biaya apapun.

PS: Simak juga Tips Lulus Ujian CPNS serta Cara Membuat SKCK.

Kata Kunci

36 Comments

  1. Mas, kalau buat SKCK tpi bukan berasal dari daerah yg ditempati skarang bsa ndak??
    Mkasi :)

    • hehe nggak tau… belum pernah nyoba

    • gak bisa,, soalnya saya dulu udah pernah nyoba,

    • di polsek klo gag di polrestabes mbak thx

  2. lha kl kartu kuning bisa nggak nyari di kota selain alamat ktp..???

    • saya blum pernah coba. mungkin bisa. coba di cek saja di kantor disnaker daerah

      • transkrip nilai yang dimaksud itu yg dibalik ijazah bang?

        • iyah.. yang ada nilai-nilainya itu

  3. ane KTP Pemalang, tapi ane domisili di Jelambar nih (Grogol, JakBar)..
    bisa gak tuh min ?!

    • hmm belum pernah nyoba tuh… hehehe :p

      • tapi ane sekolah dari sd ampe smk di jakarta min?
        tetep gabisa kah ?

  4. Mas, kok saya liat di website disnaker trans syaratnya pake surat keterangan baik segala ya? dan fotonya juga 4×6. Itu mas baru buat ya? Buatnya dimana ya?
    terima kasih

  5. Itu trnskrip nilai / ijazah hrs yg dilegalisir ya

    • iyah.. dilegalisir…

  6. buatnya di departemen tenaga kerja atau kementrian tenaga kerja ?

    • buatnya di Dinas Tenaga Kerja, itu milik daerah….

  7. Mas, itu ijazah pendidikan terakhir saja atau dari Sekolah Dasar?
    Terima kasih.

    • misalnya pendidikan terakhir SMA, berarti yang di sertakan ijazah SMA

  8. kalau pake kartu kuning yang dibuat secara online sah tidak ya?

    • belom tau… belom nyoba… monggo di share aja

  9. Apakah itu kalo mau cari dikota manapun seluruh indonesia syarat ttep sama seperti itu? Kok ada yang bilang kalo ijazahnya itu dr SD sampe akhir harus lengkap? Benarkah?

    • untuk berjaga-jaga, lebih baik disiapkan semuanya saja. kdang di tiap daerah berbeda-beda persyaratannya. termasuk soal foto. siapkan juga yang 4×6

  10. kira2 prosesnya brapa lama ya?soalnya saya mau sempet2in pas jam kerja kantor…takutnya lama prosesnya,,,thsnks atas infonya…

    • Klo g antri,cpt kok.g nyampe setengah jam. Tp tergantung petugasnya juga sih. Klo lelet,ya lama

  11. bikin nya di dinas tenaga kerja apa di kecamatan? denger@ ada yg bilang di kecamatan..

  12. Klo skcknya tahun 2004, itu bisa diperpanjang atau harus bikin baru lagi ya???

  13. masbos, point no 3. Foto kopi Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai

    SD, SMP, SMA gak usah kan ya ?

  14. oh iya satu lagi gan, kalo nama KK hanya nama depan, tidak sama dengan KTP/Ijazah bagaimana ? apa masih bisa diproses

    regards

  15. kalo buat kartu kuning tu , yang mau buat harus datang sndiri, atau bisa diwakilkan??? trimakasih

    • nggak bisa diwakilkan… thx

  16. Fotonya background biru or merah masbro?

  17. tapi, domisili dan sekolah ane jakarta min..
    Bisa kali yah heuhe

  18. Kalau sudah pernah bikin tapi bikin baru lagi bisa tidak? Soalnya kartu kuning yang lama hilang. Terima Kasih

  19. KALO BIKIN KARTU KUNINGNYA DOANG BISA GA IA

  20. terimakasih atas infonya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>