Pages Navigation Menu

Kumpulan Tips dan Saran untuk Anda

Cara Mengempukkan Daging Sapi dan Kambing

Cara mengempukkan daging sapi dan kambing menjadi kendala nomer satu ketika akan membuat masakan daging seperti sate atau steak. Biasanya daging direbus dalam waktu lama atau dipotong kecil-kecil namun cara ini mengurangi kelembutan teksturnya dan rasanya akan kurang gurih karena jus alami dari daging akan hilang saat direbus. Berikut adalah bahan-bahan yang dapat membuat daging empuk tapi tetap terasa lembut dan nikmat.

meta

1. Cairan Asam (Jus Jeruk, Cuka)
Gunakan cairan yang mengandung asam seperti cuka apel, cuka dapur, perasan lemon, jeruk nipis ataupun nanas untuk melumuri daging dan diamkan beberapa saat sebelum diolah. Kandungan asamnya akan melembutkan otot dan serat daging sekaligus menambah rasa dan menghilangkan bau amis.

2. Teh
Buat 1-2 cangkir teh hitam pekat lalu dinginkan. Rendam daging dalam air teh selama beberapa menit. Kandungan tanin dalam teh berfungsi sebagai pengempuk alami.

3. Garam Laut (bukan Garam Dapur)
Garam Laut mempunyai kemampuan menghancurkan ikatan protein yang membuat daging menjadi lebih empuk. Tabur Garam Laut ke permukaan daging dan diamkan dulu selama 60 menit baru dimasak.

4. Saus Tomat
Senada dengan cuka dan jus, saus tomat juga dapat mengempukkan daging karena mengandung asam yang cukup tinggi.

5. Cola
Cola juga mengandung asam yang dapat melembutkan otot daging. Rendam selama 30 menit dalam air cola, sebelum mengolah daging. Selain lebih empuk, cola juga memberikan aksen unik pada daging.

6. Kopi
Buat segelas kopi kental lalu dinginkan. Rendam daging selama 24 jam sampai daging empuk.
Selain melembutkan tekstur daging, rasa daging makin kuat dengan rendaman kopi ini.

7. Nanas dan Pepaya
Haluskan buah nanas atau pepaya, lalu balurkan ke seluruh permukaan. Diamkan beberapa jam lalu masak.
Buah-buahan ini mengandung enzim nabati yang mampu melarutkan protein dan jaringan ikat pada daging.

8. Jahe
Parut jahe sampai halus lalu lumuri daging selama beberapa menit lalu diolah. Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk.

9. Yogurt
Lumuri daging dengan yogurt selama beberapa jam lalu olah. Selain mengandung asam, yogurt juga mengandung kalsium yang bisa mengaktifkan enzim dalam daging untuk memecah protein.

10. Bir
Jika anda tidak bermasalah menggunakan alkohol, senyawa tanin dan Alpha Acid dalam bir juga dapat mengempukkan daging. Cukup rendam daging selama satu jam.

Kata Kunci

One Comment

  1. untuk melembutkan daginggunakan cara ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *