Pages Navigation Menu

Kumpulan Tips dan Saran untuk Anda

Cara Aman Menggunakan dan Menyimpan Kartu Kredit Anda

Memiliki kartu kredit memiliki banyak manfaat, namun bila kita tidak berhati-hati menggunakan atau menyimpannnya maka akan ada pihak yang akan memanfaatkan kartu kredit anda tanpa tanggung jawab. Simak beberapa tips berikut agar anda tidak ditagih oleh transaksi yang tidak anda lakukan. Sekedar informasi untuk anda pemegang kartu kredit, Card Security Code (CSC) yang berjumlah 3 digit di belakang kartu adalah kode yang kerap digunakan untuk memverifikasi pembayaran di mana pihak merchant tidak bisa menggesek kartu tersebut. Ini biasanya berlaku untuk transaksi online. Siapa pun yang bisa menyebutkan 3 kode verifikasi artinya benar-benar memegang fisik kartu tersebut.

file0001730089237

1. Simpan di dompet
Simpanlah kartu kredit anda di dompet, letakkan pada tempat yang selalu terlihat oleh anda. Hal ini akan berguna sebagai pengingat letak kartu anda. Misalnya, ketika anda membuka dompet dan langsung menyadari kartu kredit anda tidak di tempat biasanya, maka anda bisa dengan segera memblokir kartu kredit anda.

2. Transaksi online yang aman
Pastikan situs tempat anda bertransaksi menggunakan pengamanan seperti VeriSign. Atau berbelanja online di situs yang terkenal dan sudah jelas keamanannya. Cek juga bahwa alamat website yang tertera di depannya menggunakan www.

3. Tutup nomor CSC
Anda termasuk orang yang sering menggunakan kartu kredit ketika bertransaksi? Ada baiknya untuk berjaga-jaga, anda menutup nomor CSC anda dengan selotip hitam agar tidak ada yang mencatat atau mengkopinya. Namun sebelumnya anda harus sudah mencatat sendiri nomer CSC anda.

4. Berhati-hati untuk membayar tagihan makan
Hindari membayar tagihan langsung dari meja makan anda, jika anda memilih membayar menggunakan kartu kredit. Jika perlu ikuti pelayan ketika membawa kartu kredit anda di kasir, agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Namun anda bisa bernafas lega jika mesin EDC (Electronik Data Capture) sudah wireless dan dibawa langsung ke meja makan anda.

5. Ketika anda apply kartu kredit baru
Jika anda akan menambah kartu kredit dari bank lain, biasanya sang marketing meminta anda memfotokopi kartu kredit anda yang sebelumnya. Jangan memfotokopi bagian belakangnya karena disitu tertera nomor CSC anda, cukup bagian depannya saja.

6. Jangan boleh orang lain mencatat nomor kartu anda
Jangan biarkan orang lain mencatat nomor kartu kredit, nama yang tertera, masa berlaku kartu dan nomor CSC yang ada di belakang kartu anda. Jika ada yang melakukan ini, sama saja dengan anda kehilangan kartu kredit anda. Walaupun secara fisik, anda masih menyimpan kartu kredit anda.

 

Kata Kunci

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *